Genjot Realisasi Dana PEN

Genjot Realisasi Dana PEN

Perlakuan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) kembali lagi mengulas serta putuskan desas-desus taktiks dari semasing Kementerian/Instansi (K/L) berkaitan pemercepatan perlakuan epidemi serta pemulihan ekonomi.

Diantaranya mengusahakan budget Perlakuan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) sebesar Rp695,23 triliun bisa terserap 100 % sampai akhir 2020. Salah satunya dengan merelokasi tersisa dana dari program-program yang mempunyai potensi tidak terserap ke program yang lain telah berjalan baik.

Komite PC-PEN serta K/L, di Teritori Rekreasi Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau dicatat Sabtu (29/6/2020).

Pada session pertama yang dimoderatori oleh Menteri Koordinator Bagian Politik, Hukum, Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, rapat mengulas perolehan program serta realisasi penyerapan budget program PC-PEN sampai penyediaan vaksin serta penerapan vaksinasi.

Menurut Airlangga penyerapan budget PC-PEN memperlihatkan trend positif, sampai minggu ini telah dekati 40 %.  Realokasi budget ke program yang lain tingkat penyerapannya bertambah lancar, akan terus didorong.

“Pemakaian budget harus pas target, efisien, serta efektif. Kita mengulas supaya dalam melakukan pekerjaan tidak terjerat dalam ketentuan yang mempersulit performa kementerian.

Mengenai, 7 Menteri yang memberikan laporan realisasi budget program PC-PEN dalam session ini. Data Kementerian Ketenagakerjaan menulis, rekening penerima Pertolongan Bantuan Gaji yang sudah tervalidasi per September 2020 capai 12,7 juta. Program PEN Kementerian Sosial berjalan baik, yakni sudah terealisasi sebesar Rp91,4 triliun atau 71 % dari keseluruhan budget Rp128,2 triliun. Sesaat program Suport UMKM telah terealisasi sebesar 64,5 % dari pagu atau sebesar Rp22,6 triliun.

“Kita harus juga menggerakkan berbelanja BUMN serta K/L untuk penyerapan produk UMKM. Disamping itu, integrasi program-program K/L untuk menggerakkan transformasi digital serta supaya program UMKM naik kelas terus diusahakan,” lanjut Airlangga.

Tentang vaksin, Pemerintah sedang mengakhiri Roadmap Gagasan Nasional, serta Perancangan Ketentuan Presiden tentang Penyediaan Vaksin serta Penerapan Vaksinasi Covid-19.

error: Content is protected !!