Geopark Merangin Bangko

Geopark Merangin Bangko

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olah Raga Kabupaten Merangin Jangcik Mohza,S.Pd,M.Sang serta Kepala Bagian Kebudayaan Zulefendi,S.Pd.

Menurut masyakat ditempat sekarang ini tingkat kesadaran warga untuk pelihara serta menjaga Geopark makin tinggi,warga dengan cara bersama-sama sama jaga peninggalan alam yang sudah berumur Parem,sempat Satu saat, sempat warga mengambil kayu di Desa Biuku Tanjung. Tetapi pada akhirnya dituntaskan dengan musyawarah, sempat juga salah satunya perusahaan batu bara akan masuk. Bersama-sama empat kawannya: Arfan, Frianzi, Badri, serta Andri pada 11 November 2011, Syamsul membangun Hampa. Yang penting dijaga serta dilestarikan tidak hanya fosil, tetapi satwa-satwa seperti burung, monyet, serta beberapa tipe flora.

Awalnya, Syamsul terdorong membangun organisasi itu, susah lihat pemuda pengangguran di kampungnya yang suka mabuk-mabukan. Ayah dua anak itu berupaya mengubah dengan pekerjaan positif. Beberapa pemuda dididik untuk perduli geopark. Syamsul serta teman-teman teratur patroli jaga fosil teritori, dari Air Batu sampai Muara Karing.  “Ini adalah pekerjaan untuk menjaga organisasi,” kata Syamsul. Warga dapat juga memperoleh pendapatan dari memandu pelancong minimum satu minggu sekali. Beberapa tamu yang tiba biasanya dari dari pelajar serta mahasiswa. “Mereka ingin kenal dekat geopark,” katanya. Kadang tiba dari beberapa orang perusahaan.

Lumayan banyak warisan fosil kayu serta tumbuhan dan kerang-kerangan di Merangin membatu karena pengendapan lava serta abu vulkanik gunung purba.

Sebab masuk ke teritori Taman Nasional Kerinci Seblat yang relatif masih terbangun.

“Sekarang, team kerja terus mempersiapkan dokumen saran, serta memberi laporan situasi Geopark Merangin Jambi. Terdapat beberapa pekerjaan yang tetap intens dilaksanakan. Diantaranya berpromosi serta bekerjasama dengan GGN UNESCO. Di bulan November 2014 lalu sudah digelar Kejuaraan Nasional Arung Jeram untuk ke-4 kalinya.

Hampir tiap kunjugan pelancong tetap dikerjakan Rafting, serta ini salah satunya sebagai daya tarik buat wisman serta wisnu”Kata Zulfendi,S.Pd,MM)

Oleh :Aditya Maha Putra,S.Pd. serta Budhi VJ Rio Temenggung

error: Content is protected !!