Investasi Di Pasar Modal

Investor di sini ialah faksi yang surplus dalam hubungannya dengan keuangan.

Siapakah beberapa pihak surplus ini? Dalam hubungannya dalam investasi serta sumber dana yang digunakannya, investor bisa dipisah. Pertama, ialah investor lokal yakni ialah investor yang dari dalam negeri yang membuat portofolio asetnya di pasar modal dalam negeri.

Investasi asing yang tiba ke beberapa negara lain sebetulnya bermotif classic yang mencakup, pola cari bahan mentah atau sumber daya alam, cari pasar baru serta meminimalisir ongkos. Dari pola classic itu terkadang investor bermotif lain yakni pola meningkatkan tehnologi. Investor mengalirkan dananya ke negara lain umumnya bukan hanya bawa satu pola saja tapi bisa disebabkan beberapa pola sekaligus juga.

Minimal ada empat langkah investor bisa masuk di satu negara: distressed asset investment, taktikc investment, direct investment serta portfolio investment. Distressed asset investment ialah investasi yang dilaksanakan untuk memperoleh pemilikan atau beli utang satu perusahaan dalam kesusahan keuangan. Ke-4 ialah portofolio investment yakni investasi dalam surat utang serta saham di pasar modal.

Portofolio investment berikut yang sejauh ini jadi perhatian banyak pegiat di bagian pasar modal. Mengapa begitu? Mereka ialah investor yang mempunyai pilihan paling luas dibandingkan ke tiga tipe investor di atas.  Besarnya nilai investasi asing yang masuk atau keluar, ringkas akan memengaruhi pasar keseluruhannya karena ada volume transaksi yang besar.

Fungsi modal asing dalam pembangunan negara sudah lama dibicarakan oleh beberapa pakar ekonomi pembangunan. Ke-2, perkembangan ekonomi yang bertambah perlu diiringi dengan perkembangan susunan produksi serta perdagangan. Ke-3, modal asing bisa berperanan penting dalam pengerahan dana atau transformasi susunanal.

error: Content is protected !!